You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Komunitas Desa Garut

Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
Info

Sejarah Desa Cibunar Tarogong Kidul Garut


Sejarah Desa Cibunar Tarogong Kidul Garut

Nama Desa Cibunar diambil dari dua kosa kata yaitu Ci dan BunarCi dalam terjemaahan bahasa Indonesia berarti mata air, yang mana secara letak geografis Desa Cibunar memiliki banyak mata air yang muaranya di sungai Cimanuk. Sedangkan Bunar merupakan nama pohon bambu yang sering digunakan untuk membuat suling dalam bahasa populer masyarakatnya bambu ini sering disebut juga awi tamiang. Yang mana Desa ini dulunya dikelilingi oleh bambu tersebut. Yang mana seiring perkembangan jaman, tanaman tersebut setelah tahun 1990-an mulai berkurang karena perubahan lahan menjadi area pemukiman serta lahan pertanian.
Letak Desa Cibunar memang agak disembunyikan bentang alamnya. Orang luar tak akan mengira ada lembur di balik pepohonan rapat itu. Memang para leluhur bermaksud untuk menyingkir. Mereka mencari daerah persembunyian ketika terjadi konflik antara TNI dan DI/TII, yang mana daerah Desa Cibunar dan sekitarnya merupakan basis gerombolan. Namun tidak jelas mereka kalah di arena politik yang mana. Kalangan aristokrat kampung hanya mengingat samar-samar keputusan karuhun mereka untuk meninggalkan ciri-ciri kebangsawanan mereka dan berbaur.
Tidak ada sumber yang jelas mengenai keadaan Cibunar sebelum kemerdekaan. Ada sumber yang mengatakan sudah bersatu dengan Kersamenak, tetapi ada juga yang mengatakan sudah birdiri sebagai Desa Sendiri. Yang pasti sampai awal tahun 1980-an, Desa Cibunar termasuk sebagai daerah administrasi Desa Kersamenak.
Ketika masa kepemimpinan Kepala Desa Kersamenak Dalilukman (1981-1988), Desa Kersamenak pada tahun 1984 dimekarkan menjadi dua desa, yaitu Desa Kersamenak dan Desa Cibunar. Tepatnya pada tanggal 4 April 1984, Cibunar menjadi Desa yang terpisah dengan Kersamenak.

Setelah memisahkan diri dari Desa Kersamenak, sejarah kepemimpina Desa Cibunar sebagai berikut:

  • Kepala Desa ke-I       : Bpk Encah Muhtar (1984 s/d 1987) (Pjs Masa Transisi Ketika Pemekaran Desa)
  • Kepala Desa ke-II     : Bpk Engkan Maskan (1987 s/d 1994)
  • Kepala Desa ke III    : Bpk H. Fuad Sayuki, BA (1996 s/d 2004)
  • Kepala Desa ke-IV   : Bpk Irwan Sugiarto, BE (2004 s/d 2009)
  • Kepala Desa ke-V     : Bpk E. Supriatna (2009 s/d 2014)
  • Kepala Desa ke-VI   : Bpk H. Engkos Sudrajat (2015 s/d Sekarang)
Bagikan artikel ini:
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar